Daun Mint

Tanaman Toga

Deskripsi

Pipermin - Daun Mint
Nama Latin : Mentha piperita (L)

Khasiat :
1. Sakit Tenggorokan
a. Bagian yang digunakan: daun
b. Manfaat: mengatasi sakit tenggorokan, dan sebagai antiseptik dapat melawan bau mulut dan kuman di gigi dan gusi dibuat dalam pembuatan pasta gigi
c. Larangan: untuk wanita hamil, bayi, anak-anak, penderita jantung, batu empedu, alergi
d. Peringatan: pemakaian minyak peppermin yang berlebihan menyebabkan sakit kepala, pusing, mulas, anal terbakar dan gemetaran. konsumsi minyak peppermint dalam jumlah besar dapat menyebabkan kerusakan otak, kejang dan otot yang lemah.
e. Efek samping: denyut jantung menjadi lambat, reaksi alergi terhadap menthol, justru menimbulkan saluran udara terasa terblokir, dapat menimbulkan iritasi kulit (ruam, gatal-gatal, luka bakar dan dermatitis), konsumsi minyak pepermint berlebihan menyebabkan sakit kepala, pusing, mulas, anal terbakar dan gemetaran. konsumsi minyak peppermint dalam kasus jumlah besar dapat menyebabkan kerusakan otak, kejang dan otot yang lemah.
f. Interaksi: belum dilaporkan
g. Dosis: 3 x 1-3 g daun/hari
h. Cara pembuatan/penggunaan: Bahan direbus dengan 2 gelas air menjadi 1 gelas air dinginkan, disaring dan diminum sekaligus.

2. Gigitan Serangga
a. Bagian yang digunakan: daun segar
b. Manfaat: gigitan serangga
c. Larangan: tidak boleh diberikan di daerah muka terutama pada anak < 8 tahun
d. Peringatan: minyak pipermin bila diberikan di muka atau dada pada bayi, terutama sekitar hidung dapat menimbulkan kesulitan bernafas sampai henti nafas.
e. Efek samping: alergi
f. Interaksi: -
g. Dosis: daun segar 1 genggam (80 g)
h. Cara pembuatan/penggunaan: bahan ditumbuk sampai halus, bubuhkan pada bagian yang sakit, lalu balut dengan perban.

Daftar Pustaka :
Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/187/2017 tentang Formularium Ramuan Obat Tradisional Indonesia
Info :
balkot farm Balai Kota Provinsi DKI Jakarta
Jakarta Pusat, JKT

Review

Untuk review, Silahkan Login Terlebih Dahulu